Blog tentang komputer, laptop dan ponsel yang berkaitan dengan yang saya punya.

Tentang

Donate for Coffee
Youtube woKey Blog
Daftar Isi woKey Blog

Senin, 17 November 2014

Cara Mengatasi Tombol Power ON/OFF Lenovo P770



Setelah lama menggunakan Lenovo P770 akhirnya menemukan masalah yang sangat besar yaitu tombol power ON/OFF nya susah di tekan. Apa lagi saat sedang ganti kartu SIM atau memori susah sekali nyalainnya sampai emosi penuh di tekan tombol powernya tidak bisa juga. Cara satu-satunya untuk menyalakan P770 dalam keadaan OFF adalah saat ngecas. Mengapa? Karena jika saat di tekan pas akan muncul ikon baterai. Berarti posisi jari yang terakhir sudah pas, jadi tinggal di tekan lama saja lagi untuk menghidupkannya.

Sebenarnya masih ada jalan pintasnya yaitu menggunakan aplikasi Volume (jadi tombol volume pengganti power untuk nyalakan P770). Ini aplikasi gratis dan sudah di coba langsung berfungsi baik di P770, aplikasi lainnya sudah coba tidak bekerja dengan baik. Mau di bawa ke Service Center Lenovo tidak ada di Dumai. Di bawa ke service biasa takut di preteli sama orang toko. Akhirnya muncul ide untuk membongkar P770 yang masih suci (belum pernah di servis) untuk melakukan pengecekan. Setelah beberapa kali utak-atik lebih dari 10 kali bongkar akhirnya mendapatkan solusinya yaitu:

1. Siapkan gunting, lakban(ku gunakan lakban kertas) dan tik gitar (jika tidak ada gunakan kartu SIM yang tidak terpakai).

2. Buka cover belakang, cabut baterai, kartu SIM dan memori, lalu buka ke 9 baut.


3. Gunakan tik gitar / ujung kuku (jika panjang) di sela tombol power ON/OFF, tekan sampai terbuka kerangkanya, lalu buka semua keliling kerangkanya sampai ada rongga.



4. Lepaskan tombol power ON/OFF di kerangka, lalu pasang kembali kerangkanya hingga rapat tanpa pasang baut, lalu pasang kembali baterai.

5.Biarkan hp ngecas dalam keadaan OFF, lalu bagian kuningan tekan satu persatu di titik hijau sampai hp muncul persentase baterai. Kalau di P770 ku bagian tidak nyala hanya kolom 2 saja.

6. Lepaskan kembali baterai, lalu buka kembali kerangka belakang dan potong lakban untuk menutupi kolom 3 sesuai lebar kuningan, buat sebanyak 3-4 lalu timpa biar tinggi. (contoh seperti di gambar).

7. Pasang kembali tombol power ON/OFF di kerangka, lalu pasang kerangka hingga rapat, pasang lebih dahulu baut yang paling panjang hanya ada 1 di posisi sebelah kiri lampu flash, setelah itu pasang baut lainnya, kemudian pasang alat (memori,kartu SIM dan baterai), terakhir pasang penutup baterai.


8. Lalu nyalakan P770 dan lihat hasilnya sekali tekan saja.


Catatan:
Jangan gunakan selain lakban kertas karena bisa menyisakan bekas.
Jika kurang pas bisa di atur ulang posisi lakban.


[ S E M O G A   B E R M A N F A A T ]

20 komentar:

  1. Sy punya problem yg sama di lenovo k860. Mau tanya, foto segi4 kuning dgn 3 kolom & titik2 hijau itu apakah foto switch yg ada dibawah tombol on/off? Titik hijau itu menyala? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar itu foto switch on/off. Ya menyala tergantung di hp agan apa masih berfungsi atau tidak.

      Hapus
  2. kalau advan s4a bagai mana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu gan, coz tidak punya hp nya.

      Hapus
  3. jangan lupa berkumjung ke blog saya juga ya gan

    BalasHapus
  4. Gan saya punya lenovo a316i masalahnya problem power kalau dumb putih itu diganti gimana. Trus saya udah coba tutornya terimakasih bisa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dump putih itu apa gan? Kalau lakban nya diganti tidak masalah yang penting tidak menyisakan bekas. Sip, sama-sama gan.

      Hapus
  5. Sya pnya lenovo a859 tombol volume nya error nyla mlo jd terganggu.mnta masukannya agan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bukan seorang teknisi sista. Kalau masih dalam masa garansi sebaiknya dibawa ke service resmi lenovo jika ada di kota sista. Apa masih bisa ditekan tombol volume atau sudah tenggelam?

      Hapus
  6. Gan tombol ku ilng hbs diservis kira kira ad yg jual gk ya gan tombol power lenovo a850

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak ada gan. Paling agan beli saja lenovo a850 yang mati total buat tombol nya.

      Hapus
  7. Siang kak, mau tanya nih kalau hp lenovo A859 tombol powernya tdk berfungsi, apa caranya sama seperti lenovo P770 ? Mohon bantuannya kak. Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf saya kurang tahu juga karena belum pernah pakai itu hp.

      Hapus
  8. yg ditutup pakai lakban itu jalur titik hijau yg ditekan hidup atau yg mati?

    BalasHapus
  9. gan ane punya hp lenovo a806 sering restart terus menerus apa mungkin tombol on/off nya bermasalah ya
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja gan. Kalau tetap restart juga berarti kena di software atau hardware.

      Hapus
  10. Hp patag tombol power yang ads di dalam.bagaimana cara memeperbaikinya?mohon bantuannya:-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang patah hp atau tombol power gan? coba sertakan foto upload di postimage.org

      Hapus

Categories

Ainol Novo Aurora (4) Amazon Fire Tablet (1) Android (1) ASUS (2) Cabal AMPM (2) Cara Install (2) Cara Unduh (4) Daftar Isi (1) Driver (14) ePSXe (4) ETS2 MP Online (2) File DLL (11) GOM Player (2) Infinix (1) Info Permainan (20) iPhone (1) Kerentanan (5) Lenovo A390 (3) Lenovo P770 (3) LG GD580 (5) Mini Game (1) MITO (1) Mozilla Firefox (3) PhonePE (1) Polytron (30) Rakit PC (3) Samsung Galaxy (8) Samsung Smart TV (1) Samsung Star Wifi (18) Sony Ericsson Aspen M1i (1) TELKOMSEL (4) Terbaik (28) Tips Android (3) Tips dan Trik (41) Tips Dreamcast (22) Tips GBA (1) Tips Google Chrome (1) Tips iOS (3) Tips Laptop (2) Tips Nintendo Switch (1) Tips PC (23) Tips PS1 (76) Tips PS2 (23) Tips PS4 (3) Tips PS5 (1) Tips Samsung Galaxy (1) Tips Smart TV (1) Tips Steam (2) Tips Windows (128) Tips Xbox (1) Ulasan (1) Ulasan Aksesoris PC (1) Ulasan Chromebook (1) Ulasan Controller (3) Ulasan Cooling (4) Ulasan DAC (2) Ulasan Earphone Bluetooth (1) Ulasan Earset (1) Ulasan Fan (1) Ulasan Feature Phone (1) Ulasan Graphic Card (73) Ulasan Headphone (9) Ulasan Headset (17) Ulasan Kamera (4) Ulasan Keyboard (22) Ulasan Laptop (83) Ulasan M.2 SSD (1) Ulasan Mesh-Wifi (1) Ulasan Microphone (1) Ulasan Mifi (2) Ulasan Monitor (23) Ulasan Motherboard (46) Ulasan Mouse (18) Ulasan Mouse Pad (3) Ulasan NAS (3) Ulasan Networking (1) Ulasan PC (5) Ulasan PC All in One (1) Ulasan PC Case (12) Ulasan PC Game (26) Ulasan PCIe (1) Ulasan Prosesor (11) Ulasan RAM (10) Ulasan Raspberry (1) Ulasan Robot Vacuum Cleaner (3) Ulasan Set Top Box (1) Ulasan Smart Door (1) Ulasan Smart LED (1) Ulasan Smart WiFi (1) Ulasan Smartphone (29) Ulasan Smartwatch (3) Ulasan Software (2) Ulasan SSD (21) Ulasan Tablet (8) Ulasan Vacuum Cleaner (1) Ulasan Virtual Reality (4) Ulasan Webcam (3) Windows 11 (1) Xiaomi (1)